Sejarah Singkat

    Universitas Ngurah Rai Denpasar (UNR) didirikan oleh Yayasan Jagadhita Denpasar sebagai Badan Hukum Penyelenggara, pada tanggal 22 Mei 1979. Sebagai Universitas tertua ke dua di Bali bahkan di Kopertis Wilayah VIII (meliputi Bali, NTB dan  NTT).

     Universitas Ngurah Rai sejak didirikan terdiri dari 4 Fakultas dan 6 program studi (prodi) yakni : 1) Fakultas Teknik (Prodi Teknik Sipil & Teknik Arsitektur); 2) Fakultas Ekonomi (Prodi Ilmu Manajemen); 3) Fakultas Hukum (Prodi Ilmu Hukum); 4) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik/FISIPOL (Prodi Ilmu Administrasi Negara) dan Magister Ilmu Administrasi Publik (MAP).

     Seluruh Program Studi pada Fakultas-Fakultas di lingkungan UNR telah memiliki STATUS TERAKREDITASI dengan peringkat nilai B dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) dan memiliki IJIN OPERASIONAL dari Direktorat Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemdikbud.

     Kampus pusat UNR menempati areal seluas 2,4 hektar dengan pembagian areal berupa lapangan upacara, lapangan parkir dan taman yang luas dan nyaman. FH menempati gedung berlantai 3 (4 kelas), FE gedung berlantai 4 (4 kelas), FISIPOL gedung berlantai 4 (4 kelas) dan FT di 4 unit gedung yang berbeda (4 kelas). Kantor pusat (Universitas) menempati Gedung Serba Guna yang megah (2 lantai) dengan perpustakaan, laboratorium (beton, material jalan dan komputer), ruang unit kegiatan mahasiswa dll. Fasilitas olah raga yang tersedia di kampus adalah lapangan tenis, lapangan bulu tangkis, lapangan volley, lapangan basket, area futsal, meja bilyard dan tenis meja.

     Ke masa depan UNR tengah merintis pelaksanaan program studi baru dan program pasca sarjana untuk mewadahi peminatan masyarakat dan alumnusnya yang sedemikian besar.